16 April 2017 10:23 wib

Kegiatan Development of Library System Management (DELSMA) diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Kegiatan DELSMA 2015 diikuti oleh 16 orang peserta yang  mewakili perpustakaan dari 16 PTKI dan dilaksanakan selama 10 hari dari tanggal 13-23 Oktober 2015. Kegiatan ini dilatarbelakangi tujuan mulia untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas kelembagaan dan pustakawan dalam pengelolaan perpustakaan PTKI menuju world class university. Sasaran kegiatannya adalah memberikan pengalaman belajar secara langsung dalam hal pengelolaan perpustakaan bertaraf Internasional, Menambah wawasan dan pengalaman tentang budaya (cross cultural) suatu negara. Menciptakan budaya layanan prima bagi pustakawan. Meningkatkan kemampuan berbahasa asing bagi pustakawan sebagai bagian dari kompetensi pendukung yang harus dimiliki oleh pustakawan  dan Peningkatan jenjang karir pustakawan PTKI. Sedangkan output dari kegiatan ini adalah ada dua hal yakni terkait pengembangan kelembagaan perpustakaan serta pengembangan karir pustakawan.

Pelaksanaan kegiatan DELSMA tahun 2015 terbagi menjadi 3 tahap yakni tahap pre departure di Jakarta, tahap pelaksanaan di berbagai perpustakaan di Brisbane Quesland (Perpustakaan yang ada Di UQ dan Statle of Library Queenlands-SLQ) dan New South Wales Sydney dan tahap evaluasi dan pelaporan (tahap post departure) di Jakarta. Secara garis besar ketiga tahap kegiatan tersebut berjalan sesuai jadwal dan lancar. Kegiatan pre departure lebih menekankan pada materi pembekalan bagi peserta tentang hal-hal harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh peserta serta materi tentang cross culture dari panitia maupun tim akademik. Tahap pelaksanaan lebih menekankan materi tentang pengembangan kelembagaan dan kapasitas pustakawan di berbagai perpustakaan di yang ada di Queenlands yakni perpustakaan UQ, Perpustakaan Umum Negara Bagian Queenlands (SLQ), Perpustakaan Riset dan Informasi Pemerintah atau GRAIL (Goverment Research and Information Library) and  dan perpustakaan negara bagian New South Wales (NSW Library) yang diisi oleh narasumber yang kompeten dibidangnya.  Tahap Evaluasi dan pelaporan yang dikemas dalam kegiatan post departure lebih ditekankan pada evalusi terhadap rangkaian kegiatan DELSMA.

Hasil yang dicapai dari kegiatan DELSMA tahun 2015 ada 3 (tiga) aspek yang dapat dikembangkan menjadi inspirasi dan implementasi dalam rangka mewujudkan perpustakaan PTKI menuju world class university, yakni aspek pengembangan kelembagaan perpustakaan, maka dapat diperoleh gambaran bahwa Pemerintah Negara Bagian Queenlands sangat mendukung pengembangan kelembagaan berbagai jenis perpustakaan yang ada di wilayahnya baik PT (UQ Library), perpustakaan umum (SLQ) maupun perpustakaan khusus (GRAIL) dari segi anggaran, sarana prasarana serta SDM-nya. Sedangkan terkait dengan pengembangan karier bagi pustakawan, pemerintah negara bagian maupun PT memberikan perhatian yang sangat besar pada pustakawan, karena profesi pustakawan adalah profesi yang mulia dengan berbagai kegiatan pengembangan karir pustakawan. Hal yang tidak kalah menarik adalah hasil cross culture, ternyata banyak budaya, kebiasaan dan tradisi yang positif yang dapat ditiru dan diimplementasikan dalam peningkatan image dan kualitas pelayanan perpustakaan yakni budaya bersih, budaya antri dengan tertib untuk mengakses layanan, semangat membantu/menolong/melayani dengan ikhlas, melaksanakan tugas secara profesional dari pengelola maupun pustakawan, budaya gemar membaca, budaya tepat waktu dan lain sebagainya.

Rekomendasi  yang diajukan adalah kegiatan DELSMA ini tetap berlanjut untuk masa-masa mendatang,  pelaksanaan program kegiatan ditekankan pada internership (magang) selama 1 bulan, perlu persiapan serta pelaksanaan program secara matang. Tindak lanjut kegiatan DELSMA 2015  yang diusulkan adalah waktu pelaksanaan program magang (internership) bagi Peserta DELSMA  2015 di perpustakaan di lingkungan PTKI maupun Perpustakaan Perguruan Tinggi di Luar Negeri.