16 April 2017 13:49 wib

Hari  Sabtu Tanggal 17 Oktober 2015

Peserta DELSMA memanfaatkan waktu free time ini untuk melakukan observasi dan mempelajari cross culture yang ada di Brisbane, dengan berkunjung ke China Town. Perjalanan ke China Town ditempuh dengan jarak kurang lebih 10 menit dengan jalan kaki. Sepanjang perjalanan terlihat jalan yang sangat bersih, taman kota yang hijau, nyaman dengan fasilitas pembuangan sampah yang terpilah dan kran air minum yang langsung dapat dikonsumsi oleh setiap orang. Hal yang menarik adalah fasilitas umum sepeda yang dapat digunakan oleh masyarakat dengan mengunakan kartu. Sepeda berjajar rapi dan terkunci. Orang yang akan mengunakan sepeda tersebut tinggal menggesekkan kartunya dan sepeda dapat digunakan kemanapun dan dapat dikembalikan dimanapun asalkan ada tempat peminjaman dan pengembalian sepeda tersebut. Lalu lintas juga berjalan lancar tidak ada suara bising klakson mobil maupun motor.

Konsep China Town termasuk khas dan menonjol disudut kota dengan bangunan dan ornamen khas oriental yang didominasi warna merah, lonceng, naga, air, bunga teratai, dan ikan. Kompleks ini pada dasarnya adalah kompleks pertokoan dan perdagangan yang menjajakan barang-barang khas oriental. Peserta DELSMA dengan mudah memperoleh barang-barang kebutuhanseperti beras, tahu, sayur kangkung, togue, wortel, kecap, lombok, indomi dan lain sebagainya dengan harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan di Indonesia. Setelah itu peserta DELSMA kemudian memasak bersama terutama ibu-ibu untuk menyiapkan makanan bersama sebagai hidangan makan siang, setelah itu peserta berkumpul maka peserta makan bersama di ruang 1101 dengan menu nasi, pecel, kerupuk dan telur dadar. Suasana kebersamaan dan kekompakan nampak terasa terjalin dengan baik diantara sesama peserta DELSMA

Sebagaimana dengan kegiatan sebelumny, maka free time dimanfaatkan oleh peserta DELSMA untuk menghabiskan waktu dengan mapping di sekitar city, melihat kegiatan dan aktifitas umum yang dilakukan oleh warga brisbane dalam mengisi waktu wenkend. Suasana kota sangat ramai, hiruk pikuk akan tetapi semua berjalan tertib, lancar dan kondisi lingkungan tetap bersih. Pekerjaan konstruksi yang dilakukan beberapa pekerja saat merenovasi sebuah bangunan gedung dilakukan secara rapi dan mengutamakan keselamatan pekerja maupun warga yang melintas di sekitar bangunan yang sedang direnovasi tersebut.

Sebagian peserta juga memanfaatkan waktu luang tersebut dengan berbelanja kebutuhan dan berkunjung ke perpustakaan kota dan musium science yang berada di pusat kota. Setelah itu peserta bersama menikmati pemandangan yang luar biasa indah. View gedung dengan river brisbane yang membelah Kota Brisbane memberikan panorama indah. Setelah puas menikmati pemandangan maka peserta pulang ke apartemen untuk kemudian bersama-sama menyiapkan hidangan makan malam di ruang 1101. Sembari menikmati makan malam nasi goreng campur telur, maka dibahas hal-hal yang terkait dengan rencana yang akan dilaksanakan di Hari Minggu yang merupakan free time.