29 April 2017 16:25 wib

Sabtu, 29 April 2017.  Relawan Jurnal Indonesia (RJI) wilayah Sumatera Utara melaksanakan kegiatan Workshop dengan tema: Workshop Reference Manager, Academic Account dan OJS bagi Author  di Politeknik Negeri Media Kreatif, Jl. Guru Sinumba Medan.

Relawan Jurnal Indonesia  (RJI)  yang dipimpin oleh Bapak Dodi Siregar, M.Kom. sebagai kordinator wilayah Sumatera Utara, merupakan komunitas yang belum lama dibentuk sebagai lembaga yang memberikan dukungan secara sukarela terhadap peningkatan pengelolaan jurnal-jurnal diberbagai lembaga, khususnya Perguruan Tinggi. Disamping itu, komunitas ini juga memberikan berbagai pelatihan dalam penulisan karya ilmiah, bimbingan penerbitan di jurnal bereputasi seperti Scopus, Thomson, dan lain-lain.

Adapun kegiatan yang diselenggarakan oleh RJI tersebut dilaksanakan secara cuma-cuma dimana peserta tidak dikutip biaya. Kegiatan workshop tersebut dibuka secara resmi oleh Penanggungjawab PSDD Politeknik Negeri Media Kreatif Medan, Nashruddin, SH., MAP.  Workshop ini diikuti oleh para pengelola jurnal, dan dosen dari berbagai perguruan tinggi, baik dari dalam kota Medan maupun luar kota Medan.

Adapun topik yang disajikan pada workshop ini adalah sebagai berikut:

  1. Reference Manager menggunakan aplikasi Mendeley, disajikan oleh Retno Sayekti, MLIS.
  2. OJS bagi author dan penggunaan Reference Manager pada MS-WORD, disajikan oleh Oris Krianto Sulaiman
  3. Membuat Academic Account, disajikan oleh Mesran dari STMIK Budi Darma

Adapun materi presentasi dapat diunduh (download) dengan mengklik link dibawah ini:

  1. Mendeley
  2. Academic Account
  3. OJS bagi author