22 Agustus 2018 13:07 wib

Kegiatan training “Transformational Leadershipmerupakan kegiatan bersama antara ke-empat UIN dan IAIN penerima bantuan dana IsDB yang di organisir oleh Project Manajemen Unit (PMU) Kementerian Agama RI. Adapun peserta dari kegiatan training ini adalah para pengelola proyek dari masing-masing Project Implementing Unit (PIU) dari UIN Sumatera Utara, UIN Walisongo Semarang, UIN Raden Fatah Palembang dan IAIN Mataram. Kegiatan ini dlaksanakan pada tanggal 13 - 24 NOpember 2015 di Amsterdam Belanda.

Pemilihan VU university sebagai tempat training ini adalah karena dalam sejarahnya kampus ini juga mengalami perubahan dari kampus yang berbasis keagamaan, dalam hal ini Protestan, menjadi kampus umum. Sejalan dengan transformasi beberapa IAIN penerima dana bantuan IsDB menjadi UIN, maka ada banyak hal yang bisa dipetik pelajaran dari pengalaman VU University dalam menghadapi perubahan tersebut.

 

Tujuan

Adapun tujuan training Transformational Leadership di VU University yang ingin dicapai adalah:

  • Untuk belajar dari sejarah dan pengalaman VU University dalam menjalani proses transformasi perguruan tinggi.      
  • Untuk mengambil best practice dari VU university dalam mengatasi permasalahan sebagai akibat dari proses transformasi perguruan tinggi tersebut      
  • Untuk mengembangkan action plan yang strategis dalam membuat perencanaan baik dalam scope lembaga maupun unit-unit pendukung pendidikan      
  • Untuk mengembangkan keterampilan entrepreneurship dalam lembaga pendidikan tinggi yang pada gilirannya diharapkan akan dapat menghasikan income bagi universitas

Peserta

 Sebagaimana disampaikan diatas bahwa training diikuti oleh para pengelola proyek, baik dari Project Management Unit di Kementerian Agama maupun Project Implementing Unit (PIU) dari 4 UIN dan IAIN, sebagai berikut:

1.     Project Management Unit (PMU), Kementerian Agama RI

2.     Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

3.     Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

4.     Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

5.     Institut Agama Islam Negeri Mataram

Keikut sertaan saya dalam kegiatan ini memiliki beberapa alasan:

·       Saya merupakan salah seorang pengelola project implementing unit (PIU) di UIN Sumatera Utara yang menduduki posisi sebagai wakil ketua;

·       Dalam tugas sehari-hari di Perguruan Tinggi, saya menduduki posisi sebagai Kepala Perpustakaan yang bertanggungjawab terhadap manajemen organisasi perpustakaan. Secara kelembagaan, proses transformasi IAIN ke UIN sangat berpengaruh terhadap eksistensi perpustakaan yang saya pimpin. Oleh karena itu skill manajemen perubahan perlu saya pelajari dan kembangkan untuk mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi dalam lingkungan kerja sehari-hari.

· Belajar best practice dari VU university dalam menghadapi perubahan dan mengatasi permasalahan yang timbul akibat dari perubahan tersebut.

Secara khusus saya mengambil kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang manajemen perpustakaan secara umum yang ada di VU university baik dari segi teknologi yang diterapkan maupun peran pustakawannya. Hal ini dilakukan dalam rangka melakukan benchmarking mengenai manajemen perpustakaan akademik dan membandingkannya dengan apa yang sudah saya pelajari dari universitas lainnya untuk mengambil best practice yang dapat diterapkan di lembaga saya.

Peserta dari Medan ada 5 orang, yaitu:

1.     Dra. Retno Sayekti, MLIS.

2.     Ahmad Muaz, MM.

3.     Ali Akbar Simbolon

4.     Subhan Dawawi, MM.

5.     Nining Nurbaiti, S.Kom.